Senin, 28 Oktober 2013

INTISARI PK-GURU


PENILAIAN KINERJA GURU ( PK- GURU )

DIMENSI TUGAS UTAMA
INDIKATOR KINERJA GURU
BUTIR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
BUKTI FISIK YANG DIPERLUKAN
I.      PERENCANAAN PEMBELAJARAN
1.      Guru memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.
a.     Tujuan pembelajaran dirumuskan dan dikembangkan berdasarkan SD/KD yang akan dicapai.
b.     Tujuan pembelajaran memuat gambaran proses dan hasil belajar yang dapat dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya.
c.     Tujuan pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan belajar peserta didik.
·       Standar Isi ( SK-KD )
·       RPP
2.      Guru menyusun bahan ajar secara runut, logis, kontekstual, dan mutakhir.
a.     Bahan ajar disusun dari yang sederhana ke kompleks, mudah ke sulit, dan/atau konkrit ke abstrak sesuai dengan tujuan pembelajaran.
b.     Keluasan dan kedalaman bahan ajar disusun dengan memperhatikan potensi peserta didik ( termasuk yang cepat dan lambat, motivasi tinggi dan rendah ).
c.     Bahan ajar dirancang dengan menggunakan sumber yang bervariasi ( tidak hanya buku pegangan peserta didik ).
·       Bahan ajar
·       RPP
3.      Guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif
a.     Strategi, pendekatan, dan metode pembelajaran relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai / kompetensi harus dikuasai peserta didik.
b.     Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik.
c.     Strategi dan metode pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
d.     Setiap tahapan pembelajaran diberi alokasi waktu secara proporsional dengan memperhatikan tingkat kompleksitas materi dan/atau kebutuhan belajar peserta didik.
·       Silabus
·       RPP
4.      Guru memilih sumber belajar/media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.
a.  Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih dapat dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai ( misalnya buku, modul untuk kompetensi kognitif, media audio visual, komputer atau kompetensi keterampilan ).
b.  Sumber belajar/media pembelajaran termasuk TIK yang dipilih dapat memudahkan pemahaman peserta didik ( misalnya lidi/sempoa digunakan untuk operasi hitung matematika, lampu senter, globe dan bola untuk mengilustrasikan proses terjadinya gerhana ).
c.  Sumber belajar/media pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik.
·       Silabus
·       RPP
II.   PELAKSANAAN PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF
A.    Kegiatan Pendahuluan
5.      Guru memulai pembelajaran dengan efektif

a.  Melakukan apersepsi
b.  Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan.

·       Supervisi kelas
·       RPP
B.    Kegiatan Inti
6.     Guru menguasai materi pelajaran






7.     Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif








8.     Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran




9.     Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran





10. Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran.

a.  Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.
b.  Kemampuan mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan , perkembangan iptek, dan kehidupan nyata.
c.  Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.
d.  Kemampuan menyajikan materi secara sistematis ( mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak ).

a.  Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai.
b.  Melaksanakan pembelajaran secara runtut.
c.  Menguasai kelas.
d.  Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
e.  Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif ( nurturant effect ).
f.   Melaksanmakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.

a.  Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran.
b.  Menghasilkan pesan yang menarik.
c.  Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran.

a.  Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui  inyeraksi guru, siswa, sumber belajar.
b.  Merespon positif partisipasi siswa.
c.  Menunjukkan sikap terbuka terhadap respon siswa.
d.  Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif.
e.  Menumbuhkan keceriaan dan antusiaisme siswa dalam belajar.

a.  Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar.
b.  Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar.
c.  Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
·       Supervisi kelas
·       RPP

C.    Kegiatan Penutup
11. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif.

a.  Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
b.  Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan.


III. PENILAIAN PEMBELAJARAN
12.      Guru merancang alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan peserta didik.







13.      Guru menggunakan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar  peserta didik dalam mencapai kompetensi  tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.




14.      Guru memanfaatkan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi pesrta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.
a.  Kesesuaian teknik dan jenis penilaian ( tes lisan, tes tertulis, tes perbuatan, sesuai dengan tujuan pembelajaran ).
b.  Alat tes dirancang untuk dapat mengukur kemajuan belajar peserta didik dari aspek kognitif, afektif, dan/atau psikomotor.
c.  Rancangan penilaian portofolio peserta didik minimal 1 kali per semester.
d.  Hasil analisis penilaian sebelumnya ( UH, UAS, UN ) digunakan untuk keperluan program perbaikan ( remedial, pengayaan, dan/atau menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran ).

a.  Menggunakan teknik penilaian otentik ( kuis, pertanyaan lisan, pemberian tugas, dsb ) untuk memantau kemajuan peserta didik.
b.  Menggunakan teknik penilaian ( ulangan harian, tengah semester, dan ulangan semesteran ) disusun untuk mengukur hasil belajar peserta didik dalam aspek kognitif, afektif, dan/atau psikomotor.
c.  Menerapkan penilaian portofolio dalam bentuk berbagai tugas terstrutur.
d.  Menggunakan alat penilaian yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi ajar sebagaimana disusun dalam RPP.

a.  Menggunakan hasil analisis penilaian untuk mengidentifikasi topik/kompetensi dasar yang mudah, sedang, dan sulit sehingga diketahui kekuatan dan kelemahan masing-masing peserta didik untuk kepentingan remedial dan pengayaan.
b.  Menggunakan hasil penilaian untuk menyempurnakan rancangan dan/atau pelaksanaan pembelajaran.
c.  Melaporkan kemajuan dan hasil belajar peserta didik kepada orang tua, teman guru dan bagi peserta didik sebagai refleksi belajarnya.
d.  Memanfaatkan hasil penilaian secara efektif untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, tantangan dan masalah potensial untuk peningkatan keprofesian dalam menunjang proses pembelajaran.










·       RPP
·       Alat Penilaian








·       RPP
·       Alat penilaian
·       Analisis ulangan
·       Program tindak lanjut
·       Daftar nilai
·       Buku LBH ( Raport )


~Diintisarikan Oleh : I Made Putu Kawi Suardana~

Intisari PK Guru silakan unduh





1 komentar :

  1. Top 10 best online casino site that will make your dreams come true
    Best gambling sites. 카지노사이트luckclub The casino is the best site for all of us. No download, no registration, no deposit required,

    BalasHapus

bagi para pengunjung diharapkan mengisi komentar dengan tife anonymous

Creatif By : Deskripsi Blog sobat

Terimah Kasih telah membaca artikel . Yang ditulis oleh .Pada hari . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih

:: Get this widget ! ::