ANGKET EDS GURU
PADAMU NEGERI
SEKOLAH DASAR NEGERI……………………………………
IDENTITAS
GURU
- NAMA :
- NIP :
- PANGKAT/GOL :
- NUPTK :
- FASSWORD : RAHASIA
PETUNJUK
!
v Jawablah secara Obyektif sesuai keadaan
sebenarnya
menurut pendapat Anda pribadi.
menurut pendapat Anda pribadi.
v Memuat 8 Standar Pendidikan yaitu Mulai dari
Standar Lulusan sampai dengan Standar Pembiayaan
MULAI
MENGISI ANGKET EDS GURU
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
1 dari 56
Pada soal
ini diperbolehkan menjawab lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.5
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
Permasalahan sikap dan perilaku peserta didik yang masih ditemukan adalah :
·
mencontek saat ujian
·
tidak mengerjakan tugas yang diberikan
·
menyalin tugas dari pekerjaan temannya
·
bolos tanpa alasan yang jelas dan dapat diterima
·
malas belajar
·
terlibat tawuran
·
terlibat narkoba
·
sering telat masuk sekolah
·
tidak menghormati guru dan orang lain
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
2 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.6
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
Sikap dan perilaku yang dapat dibanggakan dari mayoritas peserta didik di sekolah bapak/ibu adalah:
·
giat belajar dan rajin membaca
·
membantu teman/orang lain dan hormat pada guru
·
disiplin dan mematuhi tatatertib sekolah
·
melaksanakan ajaran agama yang dianutnya
·
sportif dalam bertindak
·
berani mengakui kesalahan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
3 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.7
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
Sikap dan perilaku jujur, santun, perduli, disiplin, percaya diri, dan bertanggungjawab yang dapat diamati dalam perilaku siswa serta dapat dibuktikan dengan dokumen penilaian sikap siswa adalah
·
mentaati aturan sekolah mulai dari kelas 1
sampai kelas 6
·
tertib dalam antrian
·
santun terhadap semua guru di sekolah
·
berinteraksi dengan orang lain dengan percaya
diri
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
4 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.8
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
Pengetahuan peserta didik di sekolah bapak/ibu pada umumnya, dan dapat ditunjukkan buktinya dalam penilaian yang telah dilakukan adalah:
·
mampu menghapal cukup banyak informasi yang diajarkan
·
mampu menjelaskan kembali sebuah informasi yang
dipelajari dengan kalimat sendiri
·
mampu menerapkan suatu konsep untuk menjelaskan sebuah fenomena
alam atau sosial
·
mampu mengidentifikasi variabel yang terkait dengan suatu
permasalahan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
5 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.9
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
Kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi pada umumnya adalah sebagai berikut :
·
mampu membaca cepat dan membuat rangkuman dari
informasi tertulis
·
mampu menyampaikan ide dan pendapat secara
santun dan mudah dipahami
·
menyimak informasi secara tepat dan mampu
menyampaikan kembali dengan kalimat sendiri
·
mampu melakukan telaah secara kritis kritis
terhadap teks atau buku
·
membuat karya tulis dengan deskripsi yang berkesinambungan dan
mudah dipahami
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
6 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.1.10
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
Kemampuan peserta didik di sekolah pada umumnya dalam mengamati dan bertanya untuk berpikir dan bertindak produktif serta kreatif adalah
·
melakukan pengamatan dengan bimbingan dan
petunjuk yang jelas dari guru
·
mengajukan ide atau pertanyaan yang menunjukkan
kreatifitas
·
mengamati dan menanyakan tentang sebuah produk/karya seni atau
teknologi
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
7 dari 56
G.1.11
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
Kemampuan peserta didik dalam menghasilkan karya, pada umumnya dapat dikelompokkan sebagai :
·
hasil meniru karya orang lain
·
hasil modifikasi karya orang lain
·
hasil kreasi sendiri sesuai dengan fasilitas
yang tersedia
STANDAR ISI
8 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.2
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
Rancangan metode pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum sekolah Bapak/Ibu yang mendukung pembelajaran aktif (student active learning) adalah
·
ceramah
·
diskusi dan tanya jawab
·
demonstrasi
·
penemuan terbimbing
·
pemecahan masalah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR ISI
9 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.5
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Dokumen yang digunakan sebagai acuan dalam pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
·
Standar Isi
·
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
·
Standar proses
·
Standar penilaian
·
Panduan penyusunan KTSP yang disusun BSNP
·
Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan dari sekolah di negara
maju
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
10 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.6
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
Proses pengembangan KTSP di sekolah Bapak/Ibu adalah
·
Mengadopsi dan mengadaptasi model yang
dikembangkan oleh BSNP
·
Mengembangkan KTSP melalui KKG/KKS/MGMP
·
Mengembangkan KTSP sendiri dengan mengacu
panduan yang disusun BSNP
·
Mengembangkan KTSP sendiri dengan mengacu kurikulum sekolah di
negara maju
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
11 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.7
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
KTSP yang bapak/ibu kembangkan dibuat berdasarkan prinsip-prinsip
·
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan,
dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya
·
Beragam dan terpadu
·
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan,
teknologi, dan seni
·
Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
·
Menyeluruh dan berkesinambungan
·
Belajar sepanjang hayat
·
Seimbang antara kepentingan nasional dan
kepentingan daerah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
12 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.9
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
Jenis penilaian yang diterapkan dalam KTSP di sekolah bapak/ibu adalah
·
tes tertulis
·
tes lisan
·
pengamatan kinerja
·
pengukuran sikap
·
penilaian hasil karya berupa tugas
·
penilaian proyek
·
penilaian produk
·
portofolio
·
penilaian diri
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
13 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.10
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
Materi ajar yang dimuat dalam kurikulum sekolah bapak/ibu, memenuhi syarat
·
Sahih (teruji kebenarannya)
·
Signifikan (bermanfaat dalam pencapaian
kompetensi)
·
Bermanfaat secara akademis dan non akademis
·
Kelayakan (mempertimbangkan taraf berpikir
peserta didik)
·
Relevan, konsisten, dan edukatif
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
14 dari 56
G.2.11
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
Komposisi materi pelajaran yang dimuat dalam RPP bapak/ibu adalah :
·
dominan pada aspek sikap dan perilaku
·
dominan pada aspek pengetahuan
·
dominan pada aspek keterampilan
·
proporsi sikap, pengetahuan, dan ketrerampilan
dibuat merata
STANDAR ISI
15 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.12
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
Materi kurikulum di sekolah bapak/ibu, disesuaikan untuk:
·
Mengembangkan ketrampilan berpikir kritis
·
Mengembangkan ketrampilan pemecahan masalah
·
Mengembangkan budaya membaca dan menulis untuk
menumbuhkan budaya gemar membaca
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR ISI
16 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.2.13
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
Keterkaitan materi dengan kebutuhan peserta didik yang dicakup dalam RPP bapak/ibu dibuat dengan:
·
Sesuai perkembangan usia peserta didik
·
Mengembangkan karakter mulia.
·
Memperhatikan gender
·
Memperhatikan karakeristik lingkungan sekitar
peserta didik
·
Memperhatikan kehidupan sosial peserta didik
·
Mengembangkan sikap nasionalisme dalam
kehidupan bernegara.
·
Memfasilitasi penggunaan teknologi
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
17 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.1
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
Kegiatan yang dilaksanakan oleh bapak/ibu di sekolah terkait dengan perencanaan pembelajaran meliputi
·
Menganalisis kompetensi yang akan diperoleh
siswa
·
Menetapkan materi ajar
·
Memilih model/metode belajar yang relevan
·
Menentukan dan mengevaluasi buku sumber yang digunakan
·
Menyusun bahan ajar sesuai karakteristik
peserta didik
·
Menyusun penilaian yang relevan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR PROSES
18 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.2
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
Perancangan RPP yang disusun guru di sekolah bapak/ibu telah memperhatikan prinsip-prinsip berikut:
·
Memperhatikan perbedaan individu
·
Mendorong partisipasi aktif peserta didik
·
Mengembangkan budaya membaca dan menulis
·
Umpan balik dan tindak lanjut
·
Keterkaitan dan keterpaduan antara SKL-standar
isi-materi-kegiatan belajar-penilaian
·
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
·
Metode pembelajaran aktif, kreatif, efektif,
dan menarik
·
Pemilihan media yang sesuai
·
Penggunaan sumber belajar yang relevan
·
Penggunaan penilaian autentik
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
19 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.3
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
Hal-hal yang disampaikan oleh guru pada awal semester kepada peserta didik adalah:
·
kompetensi yang akan dicapai
·
cakupan materi ajar
·
rancangan tugas selama satu semester
·
tugas mandiri dan tugas kelompok yang harus
dikerjakan
·
penilaian yang akan dilakukan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
20 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.4
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
Aktifitas yang dilakukan oleh bapak/ibu untuk memperbaiki proses pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah
·
Melakukan remedial untuk peserta didik yang
belum tuntas belajar
·
Melakukan refleksi proses pembelajaran dan
memperbaiki pembelajaran
·
Menganalisis daya serap peserta didik dan
memperbaiki pembelajaran
·
Mengecek gaya belajar peserta didik dan
menyesuaikan pembelajaran
·
Berkomunikasi dengan teman sejawat atau
KKG/MGMP untuk mempersiapkan PBM yang lebih baik
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
21 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.10
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
Sumber belajar yang bapak/ibu gunakan dalam pembelajaran adalah :
·
Buku teks dan lembar kerja dari penerbit
tertentu
·
Buku teks yang dikembangkan sendiri atau oleh
kelompok guru
·
Buku panduan
·
Ensiklopedia atau kamus
·
Majalah dan/atau Koran
·
Internet
·
Diktat yang dikembangkan sendiri
·
Modul belajar
·
Nara sumber yang menguasai bidangnya
·
Perpustakaan atau museum
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
22 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.13
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan di sekolah untuk membentuk karakter (sikap dan perilaku) peserta didik adalah
·
Melaksanakan program sekolah dan tatatertib
untuk pembentukan karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
·
Melaksanakan pembelajaran yang memiliki dampak
langsung terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin, tanggungjawab, dan
menghargai orang lain
·
Melaksanakan pembelajaran yang menyadarkan akan
pentingnya memiliki karakter jujur, disiplin, dan bertanggungjawab
·
Melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler yang
memiliki dampak terhadap pembentukan karakter jujur, disiplin,
bertanggungjawab, dan menghargai orang lain
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
23 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.15
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
Pelaksanaan pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi siswa secara efektif dan santun:
·
Memperbanyak aktifitas siswa dalam membaca,
menulis dan berbicara dalam belajar
·
Memberi tugas belajar berupa telaah buku dan
membuat karya tulis
·
Melakukan aktifitas belajar berkelompok
·
Memberi tugas mengumpulkan informasi dari
berbagai sumber
·
Memberi tugas berkomunikasi dengan anggota
masyarakat untuk kepentingan belajar
·
Mempresentasikan hasil kerja mandiri atau
kelompok di depan kelas
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
24 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.17
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
Kesulitan Bapak/Ibu dalam menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi lisan dan tulisan adalah:
·
Tidak cukup waktu
·
Kurang menguasai metode mengajar yang efektif dan efisien
·
Tidak didukung Kepala Sekolah
·
Kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung di sekolah
·
Kemampuan peserta didik tidak memadai
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
25 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.18
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan bapak/ibu untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
·
Ceramah dan diskusi
·
Belajar berkelompok
·
Pembelajaran berbasis proyek
·
Pembelajaran berbasis masalah
·
Pembelajaran inkuiri dan penemuan (discovery)
·
Strategi/metode inovatif lainnya
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
26 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.19
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
Kesulitan bapak/ibu dalam menerapkan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik adalah :
·
Tidak cukup waktu
·
Kurang menguasai metode mengajar yang efektif
dan efisien
·
Tidak didukung Kepala Sekolah
·
Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah
·
Kemampuan peserta didik tidak memadai
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
27 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.20
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
Pembelajaran yang bapak/ibu lakukan untuk mengembangkan keingintahuan dan budaya belajar peserta didik :
·
Memotivasi peserta didik untuk giat belajar
pada kegiatan awal pembelajaran
·
Meningkatkan keingintahuan melalui pengamatan
fenomena alam dan sosial
·
Melibatkan peserta didik dalam pembelajaran
aktif untuk mengekplorasi fenomena alam dan sosial
·
Melakukan pembelajaran secara inkuiri
·
Menumbuhkan kebiasaan membaca dan menyampaikan
informasi yang diperoleh
·
·
mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
untuk menganalisis sebuah permasalahan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PROSES
28 dari 56
G.3.27
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
Frekuensi supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam satu tahun terakhir
·
Lebih dari 2 kali/tahun
·
2 kali/tahun
·
1 kali/tahun
·
tidak pernah
·
STANDAR
PROSES
29 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.3.29
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
Kepala sekolah membantu/membimbing guru dalam memperbaiki
·
Perencanaan
·
Pelaksanaan pembelajaran
·
Penilaian hasil belajar
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
PENILAIAN
30 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.1
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
Prinsif yang digunakan oleh bapak/ibu dalam penilaian adalah
·
Obyektif, yakni berbasis pada standar dan tidak
subyektif
·
Terpadu, yakni terencana, menyatu dengan
kegiatan pembelajaran, dan berkesinambungan
·
Ekonomis, yakni efisien dan efektif dalam
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
·
Transparan, yakni prosedur penilaian, kriteria
penilaian, dan dasar pengambilan keputusan dapat diakses oleh semua pihak
·
Akuntabel, yakni dapat dipertanggungjawabkan
kepada pihak internal sekolah maupun eksternal untuk aspek teknik, prosedur,
maupun hasilnya
·
Edukatif, mendidik dan memotivasi peserta didik
dan guru
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
31 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.3
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
Langkah-langkah yang dilakukan bapak/ibu dalam menyusun instrumen penilaian adalah sebagai berikut:
·
menetapkan indicator, menyusun kisi-kisi,
menyusun instrumen, mengkaji SK/KD, memilih jenis instrumen
·
mengkaji SK/KD, memilih jenis instrument,
menyusun kisi-kisi, menyusun instrumen
·
mengkaji SK/KD, menyusun kisi-kisi, memilih jenis instrument,
menyusun instrumen
·
mengkaji SK/KD, memilih jenis instrument, menyusun instrumen,
menyusun kisi-kisi
·
melakukan pembahasan instrumen bersama teman sejawat, menyusun
instrumen
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
32 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.6
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
Ketersediaan prosedur dan kriteria penilaian dapat diakses dalam bentuk
·
Dokumen cetak
·
Dokumen yang mudah diakses di internet
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
33 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.7
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
Petunjuk pelaksanaan penilaian yang tersedia dan digunakan di sekolah bapak/ibu meliputi:
·
Pedoman penilaian
·
Kriteria ketuntasan hasil belajar
·
Pedoman penskoran termasuk rubrik penilaian
·
Petunjuk tentang pengolahan nilai dan KKM
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
34 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.10
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
Teknik penilaian yang dilakukan untuk menilai pengetahuan peserta didik dan dapat ditunjukkan bukti fisiknya meliputi:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
·
Instrumen penugasan
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
35 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.11
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
Bagaimana bapak/ibu menilai karakter peserta didik (jujur, disiplin, menghargai orang lain, dan bertanggungjawab)
·
Menganalisis kesamaan/pola jawaban dalam jawaban ujian
·
Melakukan pengamatan sikap dan perilaku
terutama untuk kelompok pelajaran agama dan akhlak mulia
·
Menganalisis laporan hasil pengamatan beberapa
guru terkait sikap dan perilaku peserta didik
·
Menilai sikap perilaku peserta didik ketika
berada di sekolah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
36 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.12
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian sikap dan perilaku yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
·
Lembar Observasi
·
Penilaian diri
·
Penilaian antar teman
·
Jurnal
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
37 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.13
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
Bagaimana bapak/ibu menilai kompetensi peserta didik dalam berkomunikasi efektif dan santun
·
Menganalisis tes uraian menggunakan rubrik
·
Menilai laporan telaah buku dan/atau karya tulis yang dibuat oleh
peserta didik
·
Menilai penyampaian peserta didik dalam
menyajikan karya di depan kelas
·
Menilai sikap dan kemampuan peserta didik dalam
berkomunikasi
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
38 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.14
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
Bapak/ibu menilai kreatifitas peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan atau menghasilkan karya, melalui :
·
Penilaian karya yang dihasilkan menggunakan
rubrik
·
Melaksanakan pameran hasil karya peserta didik (showcase
portfolio)
·
Penilaian proses selama pembelajaran, terkait
dengan kemampuan mengidentifikasi permasalahan dan menganalisis masalah, dan
mengajukan solusi
·
Penilaian kemampuan peserta didik dalam
merancang, menghasilkan, dan mengkomunikasikan proses penyelesaian
masalah/pembuatan produk
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
PENILAIAN
39 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.15
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
Jenis penilaian keterampilan yang telah bapak/ibu lakukan dan dapat ditunjukkan dalam bentuk fortofolio peserta didik dalam satu semester adalah
·
Fortofolio
·
Tes praktek
·
Proyek
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
40 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.16
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
Permasalahan bapak/ibu dalam membuat dan melaksanakan penilaian sikap dan perilaku menggunakan instrumen non-tes adalah
·
kurang memahami cara membuat instrumen, menggunakan, dan mengolah
hasilnya
·
belum melakukan penilaian sikap dan perilaku karena tidak
tercantum dalam RPP
·
tidak cukup waktu untuk melaksanakan penilaian
sikap dan perilaku
·
penilaian sikap dan perilaku tidak dituntut oleh sekolah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENILAIAN
41 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.4.20
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
Bapak/Ibu guru memanfaatkan hasil penilaian untuk mengetahui:
·
Kemajuan belajar siswa,
·
Kesulitan belajar siswa,
·
Cara melakukan perbaikan proses pembelajaran
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
42 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.5.10
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam melakukan penilaian sikap, perilaku, dan keterampilan dalam tiga tahun terakhir :
·
dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah
diterapkan dalam pembelajaran
·
dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum memahami penilaian secara utuh
·
diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru
dalam kegiatan MGMP/KKG
·
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan
karena belum paham
·
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah menerapkan
penilaian autentik
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR PTK
43 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.5.11
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
Peningkatan kemampuan bapak/ibu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kreatifitas peserta didik dalam tiga tahun terakhir:
·
dilakukan dengan bantuan sekolah dan sudah
diterapkan dalam pembelajaran
·
dilakukan secara mandiri atas inisiatif
sendiri, namun belum paham
·
diperoleh melalui diskusi bersama rekan guru
dalam kegiatan MGMP/KKG
·
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, namun belum diterapkan
karena belum paham
·
diperoleh dengan bantuan Kemdikbud/Pemda, dan sudah diterapkan
dalam pembelajaran
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
44 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.3
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
Bapak/Ibu menerima sosialisasi visi/misi sekolah melalui
·
Rapat
·
Spanduk, leaflet, brosur
·
Papan pajangan/banner
·
Dokumen RKS
·
Surat edaran kepala sekolah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
45 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.8
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
Pihak-pihak yg terlibat dalam pengambilan keputusan di sekolah adalah
·
Kepala sekolah
·
Guru
·
Orang Tua Peserta didik
·
Pemerintah daerah
·
Dunia usaha dan dunia industri
·
Alumni
·
Tokoh masyarakat
·
Ketua Yayasan (untuk sekolah swasta)
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
46 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.10
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
Dalam bentuk apa saja, kepala sekolah dan guru berinteraksi/bekerjasama dalam pelaksanaan program sekolah
·
Penyusunan RKAS sekolah
·
Membangun kerjasama kemitraan dengan lembaga
lain
·
Pemecahan masalah belajar peserta didik
·
Pengembangan kurikulum dan silabus
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
PENGELOLAAN
47 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.11
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
Pengelolaan sekolah di tempat bapak/ibu bekerja memberlakukan hal-hal sebagai berikut:
·
Melibatkan orang tua peserta didik dalam upaya
meningkatkan mutu sekolah
·
Melibatkan guru dan komite sekolah dalam
menetapkan sebuah kebijakan
·
Menerapkan azas demokrasi, keterbukaan, dan
bertanggungjawab dalam pengambilan keputusan
·
Menerapkan sistem manajemen yang dilaksanakan
secara berkelanjutan dan mampu membuat sekolah menjadi mandiri
·
Menerapkan standar pelayanan prima
·
Menerapkan manajemen mutu terpadu
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
48 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.25
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
Nilai-nilai budaya yang tampak dalam keseharian di sekolah yang mendorong prestasi peserta didik dan kinerja guru adalah
·
Ikhlas dalam melaksanakan kegiatan sekolah
·
Bertukar pendapat dalam pemecahan masalah
belajar peserta didik
·
Disiplin dalam menjalankan tugas
·
Sikap ilmiah yang dimiliki warga sekolah
·
Suasana kondusif di sekolah
·
Tolong-menolong melalui kegiatan sosial sekolah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
49 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.26
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
Dalam hal apa Kepala Sekolah Bapak/Ibu dapat dijadikan teladan bagi warga sekolah
·
Kejujuran
·
Memperhatikan bawahan, dan terbuka
·
Kerja keras dan disiplin
·
komunikatif dan perhatian
·
Bekerjasama dengan pihak lain untuk kepentingan
pengembangan sekolah
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
PENGELOLAAN
50 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.27
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
Ketauladanan pimpinan sekolah yang ditemukan dalam keseharian kegiatan sekolah
·
Kepedulian pimpinan terhadap program kerja
sekolah
·
Tanggungjawab kepala sekolah
·
Keikhlasan dalam melaksanakan tugas
·
Kemampuan mengorganisir staf/guru
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
PENGELOLAAN
51 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.6.28
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
Bagaimana bapak/ibu mengakses laporan pengelolaan keuangan sekolah
·
Dapat diakses via internet
·
dapat diakses melalui komputer di ruangan
khusus
·
Disediakan dalam bentuk laporan cetak
·
hanya dapat diakses oleh pihak tertentu
·
Tidak tersedia
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
52 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.7.15
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
Kondisi penggunaan sarana laboratorium yang ada di sekolah bapak/ibu
·
Digunakan secara rutin
·
Tidak dapat digunakan karena peralatan tidak lengkap
·
Tidak dapat digunakan karena peralatan utama rusak
·
Tidak digunakan karena tidak ada bahan yang
dibutuhkan
·
Tidak digunakan karena tidak terkait dengan tujuan pembelajaran
·
Tidak digunakan karena belum memahami cara menggunakannya
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
53 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.7.16
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
Peralatan yang rusak di laboratorium terutama disebabkan karena
·
Sering digunakan
·
Penyimpanan yang tidak tepat
·
Tidak dirawat secara rutin karena tidak ada dana
·
Tidak digunakan karena tidak sesuai dengan kebutuhan
·
Memang sudah rusak sejak diterima
·
tidak ada jawaban yang sesuai
·
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
54 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.7.17
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
Kondisi ruang kelas yang dimiliki disekolah :
·
Sirkulasi udara baik
·
Kebersihan terjaga
·
Pencahayaan cukup
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
55 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.7.18
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
Kondisi laboratorium dan perlengkapan yang dimiliki oleh sekolah :
·
Ukuran ruang standar
·
Penataan ruang baik
·
Kelengkapan perabot mencukupi
·
Tersedia sambungan internet
·
Daya listrik memadai
·
tidak ada jawaban yang sesuai
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
56 dari 56
Pada soal ini diperbolehkan menjawab
lebih dari 1 (satu) jawaban.
G.7.20
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
Kondisi kerja di ruang kerja guru disekolah:
·
Ukuran ruang memadai
·
Penataan ruang baik
·
Kelengkapan perabot mencukupi
·
Peralatan Memadai
·
Sambungan internet
·
Daya listrik yang memadai
·
tidak ada jawaban yang sesuai
CARA MASUK KE LOGIN PKT UNTUK
ANGKET EDS
KLIK LGIN PTK
MAKA AKAN MUNCUL TAMPILAN
BERIKUT
SIAP PADAMU NEGERI
PANGKALAN DATA
PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA
BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD
BPSDMPK-PMP KEMDIKBUD
Mari bersama kita
tingkatkan Mutu Pendidikan Nasional yang berkesinambungan demi mencerdaskan
generasi bangsa saat ini dan masa depan dengan semangat membangun bersama.
http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu
http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu
Login PADAMU
Email/SIAPID/NPSN/NUPTK/PEGID
Password
Password
Ingat Saya
SETELAH BERHASIL
MASUK AKAN MUNCUL SEPERTI TAMPILAN DIBAWAH INI :
Halo, I KETUT SUDANA, S.Pd.SD !
Selamat datang di SIAP PADAMU NEGERI
Selesaikan tahapan
dibawah ini agar Anda
RESMI TERDAFTAR di BPSDMPK-PMP Kemdikbud.
RESMI TERDAFTAR di BPSDMPK-PMP Kemdikbud.
VerVal Lv.1
Data Dasar
Data Dasar
Tahap ini telah Anda selesaikan.
Cek kembali untuk memastikan data Anda benar.
Mengisi
Angket EDS
Angket EDS
Tahap ini telah Anda selesaikan.
Mengisi
Data Rinci
Data Rinci
Lengkapi data rinci Anda.
Verifikasi
Data Anda
Data Anda
Serahkan Ajuan VerVal.
dan dokumenyang diminta kepada Admin Sekolah Induk.
SUMBER : DATA PADAMU NEGERI ONLINE
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
bagi para pengunjung diharapkan mengisi komentar dengan tife anonymous